Jaringan Komputer

 

1. Melakukan Survei Teknis

 

KUK

Deskripsi KUK

Materi / Teori Praktikum

1.1

Daftar kebutuhan pengguna telah ditentukan

     1. Definisi pengguna

     2. Macam-macam kebutuhan pengguna

     3. Menentukan kebutuhan pengguna

     4. Cara menentukan kebutuhan pengguna

     5. Manfaat dari kebutuhan pengguna

1.2

Informasi yang dibutuhkan ditentukan

     1. Definisi Informasi

     2. Jenis-jenis informasi yang dibutuhkan

     3. Menentukan kebutuhan informasi

     4. Manfaat informasi

1.3

Dokumen survei teknis dirancang

     1. Definisi dokumen

     2. Definisi survei

     3. Jenis-jenis dokumen

     4. Merancang daftar pertanyaan survei teknis

     5. Merancang dokumen survei teknis

     6. Menyusun dokumen survei teknis



1.      Membuat Daftar Kebutuhan Teknis Pengguna Jaringan

 

1.1  Daftar Kebutuhan Pengguna Telah Ditentukan

 

1.      Definisi Pengguna

Pengguna berasal dari kata dasar guna. Pengguna memiliki arti dalam kelas nomina atau kata benda sehingga pengguna dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan.

 

2.      Macam-macam Kebutuhan Pengguna

·         Server

·         NIC (Network Interface Card)

·         Kabel Jaringan

·         Hub dan Switch

·         Router

·         Bridge

·         Modem

·         Repeater

 

3.      Menentukan Kebutuhan Pengguna

a.       Perangkat Keras

·         Computer Server Provy

·         PC Client

·         Kabel UTP

·         Router

·         Router Wireless

·         Switch

 

b.      Perangkat Lunak

·         Linux (Debian)

·         Windows 2007

·         Apche

·         Bin9

·         File Zilla

·         Proxy Server

 

4.      Cara Menentukan Kebutuhan Pengguna

Kebutuhan dapat diketahui dan dipahami dengan melalui beberapa cara dan teknik yang dilakukan, biasanya teknik untuk mengetahui dan memahami kebutuhan pengguna yang dilakukan dengan teknik penggumpulan data kebutuhan pengguna yang dapat dilakukan dengan cara:

Ø  Wawancara

Ø  Observasi

Ø  Kuisioner

Ø  Analisis Dokumen

Ø  Diskusi Kelompok

Ø  Pembuatan persona

Ø  Competitor user testing

 

5.      Manfaat Dari Kebutuhan Pengguna

Manfaat dari kebutuhan pengguna adalah untuk mempermudah pengerjaan suatu project.

 

1.2  Informasi yang Dibutuhkan Ditentukan

 

1.      Definisi Informasi

Informasi berasal dari bahasa Perancis informacion yang memiliki arti konsep, ide, atau garis besar. Informasi adalah sekumpulan data atau fakta yang dikelola menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi penerimanya.

 

2.  Jenis-jenis Informasi yang Dibutuhkan

Informasi yang dibutuhkan mengenai jaringan yaitu diantaranya:

·         Pengertian Jaringan Komputer

·         Manfaat Jaringan komputer

·         Jenis-jenis Jaringan Komputer, dan sebagainya.

 

3.      Menentukan Kebutuhan Informasi

Kebutuhan Informasi merupakan sebuah kebutuhan yang dimiliki oleh tiap individu. Setiap manusia membutuhkan informasi guna melengkapi pengetahuan mereka akan suatu hal. Keadaan zaman yang semakin maju pesat khususnya dalam perkembangan ilmu teknologi dan informasi (IPTEK) berdampak pada informasi yang ada menjadi sehingga dapat dikomsumsi oleh siapa saja. Komunikasi ataupun kegiatan daring secara tidak langsung juga memberikan pengaruh tidak langsung dalam hal pertukaran data ataupun dalam hal mencari informasi.

 

4.      Manfaat Informasi

Manfaat dari sebuah informasi ialah menambah wawasan mengenai hal yang sebelumnya tidak pernah diketahui. Selain itu, juga untuk mengurangi kesalahan dalam mengambil atau membuat keputusan serta menggambarkan kondisi yang sedang terjadi saat ini. Kemudian, bisa juga untuk menggambarkan sebuah tren bahkan sesuatu yang sifatnya mendatang, mengurangi ketidakpastian akan kejadian atau fenomena. Bahkan, bermanfaat guna menjadi dasar pada pemecahan masalah serta berpendapat.

 

1.3 Dokumen Survei Teknis Dirancang

1.      Definisi Dokumen

Dokumen secara harfiah bisa diartikan sebagai sesuatu yang tertulis atau tercetak dan segala benda yang mempunyai keterangan-keterangan dipilih untuk dikumpulkan, disusun, disediakan atau untuk disebarkan. Namun secara fisik dalam dunia ekonomi praktis, dokumen adalah surat penting atau berharga yang sifatnya tertulis atau tercetak yang berfungsi atau dapat dipakai sebagai bukti ataupun keterangan. Secara lebih luas, semua data-data yang dikumpulkan baik secara digital, lisan, maupun tertulis bisa dikategorikan sebagai dokumen.

2.      Definisi Survei

Survei adalah pemeriksaan atau penelitian secara komprehensif. Jadi, bisa disimpulkan survei adalah metode untuk mengumpulkan informasi dari kelompok yang mewakili sebuah populasi: Sejumlah besar responden. bertanya ke orang.

3.      Jenis-jenis Dokumen

Berikut jenis-jenis dokumen berdasarkan kepentingannya.

a.       Dokumen pribadi: dokumen menyangkut kepentingan pribadi perorangan. Contohnya KTP, ijazah, akta lahir, paspor)

b.      Dokumen niaga: dokumen yang berkaitan dengan perniagaan. Dokumen niaga berupa surat-surat berharga yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran. Contohnya cek, obligasi, packing list, faktur, kuitansi, surat pengantar, bill of lading, saham, dan letter of credit.

c.       Dokumen sejarah: dokumen yang berkaitan dengan sejarah. Dapat berupa catatan penting, dan digunakan sebagai alat pembuktian peristiwa yang terjadi pada masa lalu. Contoh: fosil, rekaman film perjuangan, autobiografi, tugu, dan naskah proklamasi

d.      Dokumen pemerintah: dokumen yang berisi informasi ketatanegaraan dari suatu pemerintahan. Jenis dokumen ini digunakan sebagai pembuktian kegiatan suatu pemerintahan. Contohnya Keputusan Presiden, Undang-Undang, Peraturan Daerah, Peraturan Pemerintah, dan perjanjian kerjasama antar Negara.

 

4.      Merancang Daftar Pertanyaan Survei Teknis

Langkah-langkah berikut ini merupakan petunjuk bagaimana merancang suatu daftar pertanyaan.

a.       Penentuan Informasi Yang Dibutuhkan

Informasi yang dibutuhkan dalam penelitian harus ditetapkan terlebih dahulu, guna menentukan hierarki pertanyaan yang akan diajukan pada responden. Informasi yang dibutuhkan tersebut dirumuskan guna menjawab hipotesa yang diajukan dalam UPP. Terlebih dahulu buatlah daftar informasi yang sangat esensial guna menjawab hipotesa yang telah diajukan.

b.      Penentuan Proses Pengumpulan Data

Tahapan ini peneliti harus memilih bagaimana teknik yang akan digunakan dalam mengumpulkan data. Apakah pengumpulan informasi dari responden dilakukan dengan melalui wawancara langsung dengan responden? Apakah akan digunakan pendekatan komunikasi impersonal ataukah personal? Apakah akan menggunakan komunikasi melalui telepon? Berbagai alternatif pilihan tersebut harus ditentukan dengan memperhatikan tujuan serta kemungkinan yang terbaik dalam pengumpulan informasi tersebut.

c.       Pengujian Instrumen Penelitian (Instrument Testing)

Setelah naskah instrumen penelitian dapat diselesaikan, langkah selanjutnya adalah mengecek apakah naskah tersebut dapat diopersikan ataukah tidak. Pengujian naskah instrumen penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui kemungkinan adanya kalimat yang tidak logis, adanya overlaping pertanyaan, adanya duplikasi pengertian, adanya perbedaan penafsiran dan lain-lain.

Ke empat langkah di atas hendaknya dilakukan oleh peneliti dalam merumuskan naskah instrumen penelitian, dengan tujuan agar pada saat operasi pengumpulan data tidak terjadi kemacetan pekerjaan serta tidak timbul kesalahan dalam Erngumpulan informasi. Peneliti harus merumuskan kernbali dan menyempumakan naskah instrumen penelitian tersebut bila memang ditemukan adanya hal-hal yang memang tidak sempurna. Dalam kenyataannya banyak peneliti yang mengabaikan (testing) instrument. Kalaupun dilakukan, seringkali responden yang dituju tidak mencerminkan kondisi yang sebenarnya dilapangan.

d.      Kontruksi Daftar Pertanyaan

Pada umumnya instrumen penelitian dimaksudkan untuk mengumpulkan tiga kelompok informasi berikut ini kelompok pertama sought data, yang berupa fakta, perilaku (attitude), preferensi, dan perkiraan terhadap topik utama penelitian. Kelompok kedua,  karakterisasi responden dalam hal klasifikasi dan analisis misalnya jenis kelamin, umur, siklus kehidupan keluarga, penghasilan keluarga, klas sosial, dan perilaku yang ingin diteliti. Kelompok ketiga, sering disebut pertanyaan administratip yang antara lain berisi identitas responden, identitas pencacah, tanggal, tempat dan kondisi/situasi saat wawancara dilangsungkan.

 

5.      Merancang Dokumen Survei Teknis

Secara umum mekanisme perencanaan teknis menncakup dua tahapan yaitu Persiapan dan Perencanaan Teknis. Tahapan perencanaan teknis, langkah-langkah yg harus dilaksanakan dalam tahapan pelaksanaan perencanaan teknis ialah sebagai berikut:

a.       Penyediaan Lahan

b.      Survei dan Investigasi

c.       Survei Harga Satuan Upah/Bahan/Alat

d.      Survei Calon Tenaga Kerja

e.       Penyusunan Desain (Pembuatan Desain, Gambar-gambar, Spesifikasi Teknis)

 

 

6.      Menyusun Dokumen Survei Teknis

a.       Menetapkan tujuan survei tersebut

b.      Memastikan Jawaban yang Paling Jujur

c.       Putuskan Metode Terbaik untuk Mengumpulkan Informasi Berharga dengan Survei

d.      Berdasarkan populasi target dan tingkat akurasi yang diinginkan, pilih ukuran sampel Anda.

e.       Putuskan apakah Anda menggunakan pertanyaan terstruktur atau tidak terstruktur, atau kombinasi keduanya.

f.       Pilih sebagian pertanyaan terstruktur untuk mendapat sedikit perincian tetapi masih bisa dianalisis.

g.      Ajukan pertanyaan "Penilaian".

h.      Analisis hasil survei.


Materi selengkapnya

Klik disini


Link Youtube

SUMBER REFERENSI 

https://polaris-water-heater-5.blogspot.com/2015/10/mekaisme-perencanaan-teknis-dalam.html

https://id.wikihow.com/Membuat-Survei



Tugas Kelompok 2 :

1.      Krisna Adi Wijaya      (211223008)

2.      Fhauzi                         (211223165)

3.      Rifal Nurfarizki          (211223026)

4.      Ovy Dwi Utami          (211223007)

5.      Ayu Yuliani                 (211223065)

6.      Lita Muhafilah           (211223012)


Komentar